Tips Memilih Makanan Kucing

Setelah baca-baca artikel sana-sini baik di internet, majalah bahkan menanyakan kepada beberapa pakar akhirnya saya menemukan inti jawaban dari apa saja yang perlu di perhatikan dalam memilih cat food atau makanan kucing, saya menemukan sumber yang sangat bagus dan cukup lengkap yang ada di salah satu thread di kaskus berjudul ALL ABOUT CAT FOOD alamatnya ada di sini:
http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000011350936/1769-all-about-cat-food-dry-food-kibble---wet-food-canned-1769/
silahkan kalau mau di baca gan lengkap banget di sana,
namun jika kamu yang lagi ingin buru-buru atau mungkin males baca, saya sudah mencoba merangkumnya dan saya kali ini beberkan semuanya pada tulisan artikel saya kali ini, baik langsung saja berikut di antaranya:

Perhatikan 5 komposisi utama yang ditulis di awal. Pastikan bahwa sebagian besar komposisi utama itu terbuat dari DAGING, seperti Chicken, Chicken meal, salmon, dan lain-lain. Daging itu sendiri juga memiliki kualitas yang perlu diperhatikan, misalnya di kemasannya tertulis Human grade meat yaitu daging yang bisa di konsumsi manusia dalam arti tergolong daging high quality. Ada juga yang tertulis 'by-product' misalnya Chicken by-product yaitu daging ayam sisa-sisa produksi sperti paruh, jerohan dan lainnya yang termasuk kategori kualitas daging yang buruk.

Usahakan tidak mengandung biji-bijian (grain-free) seperti jagung (corn, maize gluten, dan keluarga jagung lainnya), wheat, soy, dan lainnya. Biasanya makanan kucing yang grain-free tertulis Holistic Cat Food.
Mengapa tidak mengandung biji? Karena kucing pada dasarnya adalah karnivora jadi sistem pencernaannya baik untuk mengolah daging baik itu daging ayam, daging ikan dan sebagainya, jadi sistem pencernaan kucing hanya dapat mencerna makanan berupa daging dengan baik dan kesulitan mencerna makanan yang mengandung biji-bijian.

Hindari memberikan makanan dengan bahan-bahan pengawet yang berbahaya seperti Butylated Hydroxyanisole (BHA), Butylated Hydroxytoluene (BHT), propyl gallate, propylene glycol, dan ethoxyquin. Bahan-bahan tersebut dicurigai dapat mengakibatkan kanker pada binatang peliharaan. Sebaliknya, pilihlah makanan dengan kandungan vitamin C dan vitamin E.

ref: http://fairyley-mandaga.blogspot.com/2013/03/dapur-kucing.html
http://cats.about.com/cs/catfood/a/tipsforchoosing.htm
http://www.petmd.com/cat/slideshows/nutrition-center/choosing-best-cat-food
http://pets.webmd.com/cats/guide/cat-food-101-what-you-need-to-know-about-feeding-your-cat
http://answers.yahoo.com/question/index?qid=20130803122825AAOqxQF

 
  • Makanan Kucing Sehat © 2014 | Designed by Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes